Setelah Melahirkan Perut Anda Membesar? Ikuti Tips Untuk Mengecilkan Perut Di Sini!

Untuk ibu yang ingin mengencangkan perut mereka setelah lahir, Anda harus tahu cara mengurangi ukuran perut Anda setelah lahir.

“Ya, A baru saja melahirkan tiga bulan lalu, tapi bagaimana perut dan tubuhnya sudah lebih tipis, ya?” Sungguh menakjubkan melihat seorang wanita yang baru saja memiliki bayi, tetapi tubuhnya kembali seperti sebelum dia hamil. Dan setiap wanita mungkin ingin mengetahui hal yang sama yang membuat perutnya cepat menyusut setelah melahirkan.

Ikuti instruksi untuk mengecilkan perut setelah kelahiran berikutnya

Butuh waktu dan kesabaran
Segera setelah lahir, berat ibu berkurang sekitar 3-6 kg. Kuantitas ini merupakan akumulasi berat, plasenta anak dan jumlah darah dan cairan ketuban yang keluar. Ini belum ditambahkan ke jumlah cairan tubuh yang terbuang oleh urin, darah dan keringat. Penurunan berat badan ini juga berkontribusi pada ukuran perut setelah lahir.

Wow, kalau begitu, apakah mudah mengecilkan perut setelah melahirkan? Eits, jangan bahagia sebelumnya. Hanya beberapa minggu setelah menjadi ibu, perut bisa berfungsi rata dan kencang, yang mungkin dialami beberapa wanita. Sayangnya, ini tidak selalu terjadi pada semua wanita. Dibutuhkan berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun bagi kebanyakan wanita untuk menyingkirkan “lemak bayi” di perut. Jika benar, butuh waktu sembilan bulan atau lebih untuk perut menjadi padat setelah lahir.

Penyempitan perut setelah lahir juga tampaknya tergantung pada beberapa faktor, termasuk:

Genetika.

Bentuk dan ukuran tubuh sebelum mengandung.
Berapa banyak kenaikan berat badan selama kehamilan.
Seberapa banyak Anda bergerak atau melatih diri sendiri.
Cara mengurangi perut setelah melahirkan bisa menjadi tugas yang cukup mudah saat menyusui. Selain itu, kenaikan berat badan kurang dari 13,6 kg dalam kasus kehamilan dan olahraga teratur selama kehamilan. Tubuh juga lebih mudah pulih jika ini adalah kehamilan pertama ibumu.

Jika Anda tidak menyusui, tetapi ingin menurunkan berat badan dengan cepat setelah melahirkan, Anda harus mempertahankan jumlah makanan yang masuk ke tubuh Anda. Sang ibu tidak membutuhkan kalori sebanyak saat hamil. Namun, setelah lahir, ibu disarankan untuk mengonsumsi antara 1.800 dan 2.200 kalori sehari.

Apa yang harus dilakukan

Untuk mengurangi perut dan tubuh, Anda dapat menggunakan metode berikut untuk mengurangi perut:

perawatan

Menyusui membantu ibu membakar 500 kalori sehari. Berat ibu menyusui cenderung menurun lebih cepat daripada ibu yang memberi bayinya susu untuk bayi. Menyusui juga memicu kontraksi yang mengurangi rahim saat seluruh tubuh dilakukan.
Kehilangan berat badan selama menyusui baik-baik saja. Jika Anda kehilangan sekitar 1 kg dalam seminggu, itu mungkin tidak mempengaruhi produksi ASI. Namun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika Anda ingin menurunkan berat badan saat menyusui.

olahraga

Tidak hanya itu cara untuk mengurangi lambung setelah melahirkan, itu juga membantu mengencangkan dinding lambung dan membakar kalori. Apakah Anda hanya berjalan-jalan di rumah, menghadiri kelas yoga setelah lahir, melakukan aerobik, peregangan, berenang atau berolahraga sambil berolahraga panggul Anda. Tunggu setidaknya enam minggu setelah melahirkan untuk memulai pelatihan. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda sebelumnya untuk menentukan waktu dan jenis latihan yang tepat.

Jaga asupan makanan Anda

Berat badan postpartum yang sehat dapat dicapai dengan mengonsumsi protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, lemak tak jenuh, biji-bijian dan makanan kaya serat lainnya, yang akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Jangan lupa untuk mengambil porsi yang lebih kecil, tetapi hindari makanan cepat saji atau makanan cepat saji.
Jangan melakukan diet ekstrem dan jangan terlalu berat untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Diet ekstrem membuat tubuh lapar, stres dan lelah, sehingga dapat memengaruhi produksi ASI. Selain itu, diet membuat Anda tidak mendapatkan cukup makanan. Bahkan buah hati mungkin tidak mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dari ASI.

Untuk menjaga anak

Mengenakan bayi tidak hanya berguna untuk tidur, tetapi juga bermanfaat bagi ibu. Membawa bayi seperti berat 3,6 kg hingga 5,4 kg, kata pakar kebugaran pranatal. Ketika dipasangkan dengan squat (gerakan berulang dari berdiri ke duduk dan kembali ke postur), otot-otot tubuh bagian bawah terbentuk dan metabolisme tubuh meningkat.
Anda bahkan dapat berolahraga di rumah dan membawa bayi Anda di pagi hari untuk menikmati sinar matahari. Jangan lupa mengenakan pakaian anak-anak dan kacamata pelindung dan tidak terlalu lama berjemur di bawah terik matahari.

Minumlah banyak air

Minum 8 gelas air sehari tidak hanya menghilangkan racun dari tubuh, tetapi juga membuat Anda merasa lebih kenyang. Jumlah air yang cukup juga dapat mencegah ibu mengering.
Ambil probiotik
Penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu wanita mengendalikan metabolisme tubuh termasuk lemak perut setelah lahir. Probiotik dikenal sebagai bakteri “baik” yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan. Namun, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa mengambil probiotik sendirian setelah lahir mungkin tidak selalu mengarah pada penurunan berat badan.

Bentuk tubuh ibu, yang berubah setelah lahir, kembali normal setelah beberapa waktu. Namun, beberapa ibu merasa sulit mengembalikan bentuk fisik mereka sebelum hamil, terutama di perut. Anda dapat melakukan beberapa cara untuk membuat perut Anda menyusut setelah melahirkan, seperti dijelaskan di atas. Namun, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga :