7 Manfaat Air Jahe Jika Dikonsumsi Rutin. Bikin Sendiri di Rumah, Yuk!

7 Manfaat Air Jahe Jika Dikonsumsi Rutin. Bikin Sendiri di Rumah, Yuk!

Air jahe adalah salah satu minuman tradisional yang dikenal di Indonesia. Minuman panas ini bahkan menjadi konsumsi harian bagi sebagian orang. Selain memanaskan, ternyata air jahe memiliki beragam manfaat kesehatan. Apa kelebihannya ini?

Manfaat air jahe bila dikonsumsi secara teratur

Jahe tidak hanya dikenal sebagai bumbu di dapur, tetapi juga sebagai ramuan yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Air jahe adalah salah satu cara paling populer untuk menikmati jahe.

Berikut adalah 7 manfaat air jahe bila dikonsumsi secara teratur:

7 Manfaat Air Jahe Jika Dikonsumsi Rutin. Bikin Sendiri di Rumah, Yuk!
7 Manfaat Air Jahe Jika Dikonsumsi Rutin. Bikin Sendiri di Rumah, Yuk!

1. Sumber antioksidan
Keuntungan pertama dari air jahe adalah dapat menjadi sumber antioksidan.

Antioksidan melawan radikal bebas, yang menyebabkan stres oksidatif dan dapat merusak sel-sel tubuh. Antioksidan umumnya dikonsumsi dari makanan dan minuman seperti air jahe.

Berkat penggunaan air jahe sebagai antioksidan, risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, penyakit neurodegeneratif dan kanker dapat dikurangi.

2. Atasi peradangan
Peradangan adalah fenomena umum dalam tubuh.

Konsumsi air jahe diyakini sebagai cara untuk meredakan peradangan kronis. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi reaksi alergi. Seperti yang kita ketahui, peradangan berperan dalam reaksi alergi.

Studi lain juga menunjukkan bahwa konsumsi jahe setiap hari mengurangi risiko nyeri otot setelah berolahraga. Nyeri otot juga umumnya disebabkan oleh peradangan.

3. Meredakan mual
Manfaat air jahe untuk meredakan mual tidak terlalu diragukan.

Air jahe digunakan untuk mengobati mual pasca operasi, mual sebagai efek samping dari kemoterapi, mual karena infeksi virus, bahkan mual pada wanita hamil, atau bahkan mual di pagi hari. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jahe secara efektif mengurangi mual dan muntah.

Konsumsi jahe pada ibu hamil juga aman. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe tidak menimbulkan efek samping berbahaya pada wanita hamil. Meski demikian, ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi air jahe secara teratur.

4. Menyeimbangkan gula darah
Air jahe dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu penderita diabetes tipe 2 secara signifikan menurunkan gula darah puasa. Ini menunjukkan bahwa air jahe aman untuk penderita diabetes dan juga dapat membantu mengobati diabetes.

5. Kontrol kolesterol
Manfaat selanjutnya dari air jahe adalah dapat membantu mencegah kolesterol darah tinggi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe pada diet tinggi kolesterol yang dapat meningkatkan kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL atau kolesterol jahat dapat mencegah peningkatan kolesterol darah pada tikus.

Potensi penurun kolesterol hanya ditunjukkan dalam percobaan pada hewan. Seseorang dengan kolesterol tinggi harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi air jahe secara teratur.

6. Menurunkan berat badan
Air jahe juga bisa dicoba oleh Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air jahe bisa memberi Anda rasa kenyang yang lebih lama, sehingga Anda bisa membantu menurunkan berat badan. Studi lain menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi obesitas pada tikus dengan diet tinggi lemak.

Penurunan berat badan dengan konsumsi air jahe secara teratur bisa lebih efektif jika disertai dengan diet rendah kalori dan olahraga teratur.

7. Membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi
Mengkonsumsi air jahe dapat meningkatkan asupan cairan dalam tubuh dan membantu tubuh terhidrasi dengan baik.

Sangat penting untuk melembabkan tubuh. Kurangnya cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan masalah seperti sakit kepala, lesu, dan sembelit. Segelas air jahe setiap pagi dapat membantu meningkatkan asupan cairan harian Anda.

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air Anda dengan minum setidaknya 8 gelas sehari.

Baca Juga :