6 makanan sehari-hari berbahaya bagi kesehatan tubuh

Sering diasumsikan bahwa makanan yang Anda makan setiap hari sehat dan baik untuk dikonsumsi. Padahal, tidak semua makanan sehari-hari enak dikonsumsi. Padahal, ada beberapa makanan dan minuman setiap hari yang harus dihindari karena dapat membahayakan kesehatan Anda. Jadi apa makanan berbahaya ini?

6 makanan sehari-hari berbahaya bagi kesehatan tubuh

Berikut adalah makanan sehari-hari yang harus Anda kurangi atau hindari sama sekali.

1. Mie instan
Dari anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua seperti mie instan. Makanan ini dianggap sebagai salah satu alternatif yang tepat ketika Anda malas memasak atau membeli makanan jauh dari rumah.

Semakin banyak jenis mie instan yang tersedia di pasaran, semakin besar minat masyarakat untuk mengonsumsi makanan ini. Memang terutama jika dikonsumsi setiap hari.

Ini karena kandungan garam yang terlalu banyak dalam bumbu pasta instan dapat meningkatkan tekanan darah. Jika Anda mengonsumsi mie instan terlalu banyak, berbagai masalah kesehatan serius dapat muncul, seperti kanker lambung, stroke, dan penyakit jantung karena konsumsi natrium yang berlebihan.

Selain itu, meskipun mie instan mengandung karbohidrat, makanan ini tidak memasok nutrisi ke tubuh Anda. Sementara itu, berat badan Anda bisa bertambah karena kandungan karbohidrat di dalamnya. Selain itu, makanan ini juga mengandung monosodium glutamate (MSG), zat tambahan yang digunakan untuk membumbui makanan sehingga makanan tersebut lebih cocok dengan bahasa Anda.

2. Kemasan saus
Saus dalam kemasan adalah makanan sehari-hari yang juga berbahaya jika dikonsumsi sering. Jika masih dalam jumlah kecil dan jarang dikonsumsi, kemasan saus mungkin tidak terlalu berbahaya. Sayangnya, saus kemasan termasuk makanan yang Anda makan hampir setiap hari.

Saat ini, banyak restoran menawarkan saus kemasan untuk menyiapkan makanan utama mereka. Ini membuat Anda selalu menggunakannya, kecuali karena sausnya menambah rasa tertentu pada makanan. Namun, jika Anda selalu memasukkan saus ke dalam makanan, ini dapat membahayakan kesehatan Anda.

Saus menjadi makanan berbahaya jika dikonsumsi berkali-kali karena, menurut Departemen Pertanian AS, paket berisi 2 gram gula, sehingga kandungan tomat dalam saus “hilang” oleh gula dan kandungan garam di dalamnya dan membuat mereka kehilangan nutrisi.

Akan lebih baik jika Anda menyiapkan saus tomat buatan sendiri sehingga Anda dapat mengukur jumlah bahan yang Anda gunakan untuk menyiapkannya.

3. Kemasan minuman
Tanpa sepengetahuan Anda, banyak minuman manis dalam kemasan yang beredar di pasaran dan yang mungkin dikonsumsi seringkali dapat membahayakan kesehatan Anda. Mengapa demikian? Minuman manis memiliki banyak kandungan gula. Tetapi ketika Anda mengambilnya, tubuh Anda tidak menganggap bahwa minuman manis ini adalah makanan.

Ini membuat Anda merasa bahwa Anda tidak perlu mengurangi asupan makanan atau asupan gula sehingga ada kalori puncak yang Anda konsumsi. Minum minuman manis adalah makanan yang berbahaya jika dikonsumsi setiap hari karena kandungan gula yang terkandung di dalamnya dapat membuat sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan baik karena respons sel terhadap insulin terganggu (resistensi insulin).

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko tertular berbagai penyakit serius, seperti gangguan hati, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Karena itu, jika Anda ingin mengonsumsi minuman manis, pulanglah dan periksa jumlah gula yang ingin Anda konsumsi sehingga kesehatan Anda lebih terkontrol.

4. Daging olahan
Daging olahan seperti sosis, nugget, atau daging asap adalah makanan yang perlu Anda batasi. Alasannya adalah bahwa makanan ini bisa berbahaya bagi kesehatan Anda jika dikonsumsi terlalu banyak.

Jenis makanan ini telah mengalami berbagai proses yang bisa mengurangi kandungan nutrisi. Belum lagi makanan olahan yang pasti menggunakan bahan pengawet yang tahan lama.

Dalam beberapa penelitian, salah satunya yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menyatakan bahwa kebiasaan mengonsumsi daging olahan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes mellitus.

Hal yang sama dinyatakan dalam jurnal Nutrition and Cancer, bahwa orang yang terlalu sering makan daging olahan lebih rentan terkena kanker. Buku harian ini menyatakan bahwa pengobatan dapat menyebabkan karsinogen.

Karena itu, Anda tidak boleh terlalu sering makan nugget, sosis, atau daging olahan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan protein, Anda dapat makan daging sapi, ayam atau ikan bahkan jika Anda melakukannya sendiri.

5. Kentang goreng
Kentang adalah makanan sehat jika tidak mengubah cara disajikan. Masalahnya adalah kentang goreng tampaknya lebih menarik bagi kebanyakan orang. Tidak heran kalau kentang goreng itu bohong .

Kentang goreng adalah salah satu makanan berbahaya karena telah digoreng, sehingga kentang mengandung kalori tinggi dan memungkinkan Anda mengalami kenaikan berat badan yang drastis.

Selain itu, makanan yang digoreng berpotensi meningkatkan kemungkinan mengalami masalah kesehatan serius, seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Cara paling aman untuk makan kentang adalah dengan merebusnya.

6. Yoghurt rendah lemak
Yogurt sebenarnya termasuk dalam daftar makanan sehat, tetapi jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa membeli jenis yogurt yang salah. Apa yang dimaksud dengan yogurt yang salah?

Saat ini, ada banyak yogurt rendah lemak di pasaran yang memiliki jumlah lemak susu lebih rendah dari yogurt pada umumnya. Sayangnya, untuk memberi rasa pada yogurt yang seharusnya diberikan dari lemak susu, para produsen menggantinya dengan gula yang bahkan lebih tidak sehat daripada lemak susu.

Selain itu, banyak yogurt tidak mengandung bakteri probiotik atau bakteri baik setelah pasteurisasi selama fermentasi. Proses pasteurisasi adalah proses di mana makanan dipanaskan untuk membunuh organisme seperti bakteri, protozoa, jamur dan banyak lainnya selama fermentasi, sehingga bakteri probiotik sekarang mati.

Baca juga :